Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Kurangi Risiko Kanker Ginjal dengan Tomat

Tomat merupakan buah untuk cara menjaga kesehatan dengan kandungan antioksidan yang tinggi, salah satunya adalah likopen. Manfaat likopen yang terkenal adalah mencegah kanker prostat. Namun, studi teranyar menyebutkan zat likopen juga menjaga kesehatan ginjal.

Studi itu menyatakan, konsumsi tomat dan buah yang mengandung likopen secara rutin dapat mencegah seseorang terkena kanker ginjal. Bahkan beberapa studi lainnya juga menemukan konsumsi buah-buahan dengan antioksidan yang memberikan warna kemerahan itu bisa mengurangi risiko sejumlah kanker lainnya.

Dalam studi baru, para peneliti melakukan analisis terhadap 92.000 wanita menopause yang diikuti sejak pertengahan 1990-an hingga 2013. Responden juga diminta mengisi kuesioner mengenai pola makan mereka, khususnya terkait jumlah mikronutrien, termasuk likopen, yang mereka konsumsi.

Dalam periode studi tersebut, sebanyak 383 responden didiagnosis dengan kanker ginjal. Setelah itulah, peneliti mulai menelaah hubungan antara kanker ginjal dengan jumlah vitamin yang dikonsumsi dalam pola makan, termasuk likopen, vitamin C, E, dan karoten.

Hasil menunjukkan, dari sekian banyak vitamin yang ditelaah, hanya likopen yang memiliki keterkaitan dengan penurunan risiko kanker ginjal. Wanita yang mengonsumsi likopen dalam jumlah yang lebih banyak mengalami penurunan 45 persen risiko kanker ginjal dibandingkan dengan mereka yang makan likopen yang lebih sedikit.

Dokter Won Jin Ho dari Case Western Reserve University di Ohio mengatakan, konsumsi tertinggi likopen yang dilakukan oleh responden dalam studi ini sama dengan konsumsi empat buah tomat setiap hari. Namun ia juga menegaskan, likopen tidak hanya didapat dari buah tomat saja, melainkan juga dari saus tomat atau buah lainnya yang mengandung likopen.

Kanker ginjal, meskipun prevalensinya tidak terlalu tinggi, namun dapat menyebabkan kerusakan organ yang berfungsi dalam penyaringan darah dan mengeksresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh tersebut. Kanker ginjal seringkali tidak bergejala saat masih dalam stadium awal, selanjutnya tanda-tandanya adalah ditemukannya darah pada urine.

Mungkin itulah sekiranya informasi yang dapat admin sampaikan kepada pembaca sekalian. Semoga informasi yang telah kami berikan mengenai tips menjaga kesehatan yang dapat membantu anda. Dan dapat juga memberikan sumber manfaat pengetahuan bagi anda. Untuk informasi yang selanjutnya anda juga jangan sampai terlewatkan untuk membaca artikel kami yang lainnya mengenai Pilihan Obat untuk Lawan Virus MERS dan Tips Kesehatan Gigi Untuk Tetap Sehat Dan Kuat


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Kurangi Risiko Kanker Ginjal dengan Tomat

Posted by Mandy Bulles, Published at 8:09 PM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment