Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Menambah Luasan Ruang Rumah Type 54

Bagaimana menambah ruang pada hunian desain rumah minimalis anda yang mungil tetapi tetap nyaman, menjadi lebih luas dan tentunya tampil lebih cantik. Beberapa pelebaran bisa dilakukan dengan cara sedikit memundurkan ruang ke belakang. Namun harus diingat bahwa meskipun mengambil “jatah” ruang belakang, sangat disaran untuk tetap menyediakan lahan belakang untuk taman sebagai sumber pencahayaan dan penghawaan.


ImageKENAPA type 45?. Karena, type ini adalah type paling banyak peminatnya, jika kita mengamati tren pasar perumahan saat ini . Diperumahan - perumahan, rumah type 45 adalah type paling laku dijual dipasaran. Akan tetapi, jika kita melihat hampir semua brosur-brosur perumahan, kita tentunya akan mendapati, luas bangunan dan luas tanah type 45 sangatlah terbatas. Maka untuk itu, redaksi mencoba berbagi inspirasi agar bisa mendapatkan ruang dengan luasan yang optimal pada luasan tanah yang terbatas dengan biaya tidak terlalu besar. Pada contoh kasus kali ini adalah rumah Type-45 dengan luas tanah 72 m2, dengan ukuran 6m x 12m dan luas bangunan kurang lebih 45m2. Type ini mempunyai sejumlah ruang antara lain 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan ruang makan serta dapur menjadi 1 sirkulasi. Mari kita bahas satu-satu mulai dari depan.

CARPORT

Melihat Denah AWAL diatas, carport yang hanya mempunyai panjang 3,75 m, sangatlah sempit untuk sebuah mobil, karena mobil rata-rata berukuran 4 m. Mungkin carport rumah ini cukup jika mobil yang parkir sejenis city car semacam, Picanto atau AtoZ. Tetapi kali ini tidak disarankan untuk mengubah ukuran carport, karena biasanya perumahan-perumahan saat ini mempunyai manajemen lingkungan yang salah satu peraturannya dilarang mengubah tampak depan dalam jangka waktu tertentu. Maka, kita biarkan saja ukuran carport 3,75m x 3m.

RUANG TIDUR DEPAN
Kemudian, Ruang tidur depan, juga terbilang sempit, akan tetapi dengan ukuran 3m x 2,75m, masih memungkinkan tempat tidur ukura single bed masuk. Jadi ruang ini pun tidak kita ubah. Karena selain cukup standar untuk ruang tidur, juga ruang ini mempunyai dinding yang berhubungan dengan tampak depan. Jadi tidak kita ubah.

KAMAR MANDI
Kamar berukuran 1,5m x1,5m juga terbilang standart untuk ukuran kamar mandi, meskipun sebenarnya bisa agak diperluas sedikit menjadi 1,5 m x 1,75 m. Tetapi kali ini juga tidak disarankan mengubah ukuran maupun posisi kamar mandi mengingat, banyak elemen yang menempel pada kamar mandi, selain perpipaan, listrik juga saluran pembuangan. Artinya cukup komplek jika akan mengubah kamar mandi.

KAMAR TIDUR BELAKANG
Jika kita melihat denah awal, dibelakang kamar tidur ini mempunyai ruang sisa seluas 1m x 3m. Ruang sisa ini dalam dunia arsitektur disebut ruang negatif karena nyaris tanpa fungsi selain pencahayaan maupun sirkulasi. Luasannya pun terlalu tanggung untuk dua fungsi tersebut. Nah disarankan memakai ruang sisa tersebut untuk menambah luasan kamar tidur belakang dari yang dulunya hanya berukuran 3m x 3m, sekarang bisa menjadi 3m x 4m. Tentunya jangan lupa untuk mengubah posisi jendela menjadi menghadap taman. Ruang ini akan menjadi sedikit gelap karena pengaruh bukaan yang dahulunya 2 bukaan jendela tapi sekarang hanya 1 bukaan jendela. Tapi jendela bisa dimodifikasi dengan membuat jendela menerus dari bawah sampai atas sehingga meyerupai lebar dan tinggi pintu.

RUANG TAMU
Saran dari saya adalah jangan menempatkan furniture yang gemuk dan berat pada ruang tamu ini. Jika kita lihat denah awal, ruang tamu sekaligus adalah ruang keluarga. Nah pada pengembangan kali ini, Ruang tamu hanya diberi 2 kursi kecil dan ditambah 1 meja dipojok supaya hemat ruang.

RUANG KELUARGA
Jika dahulunya ruang keluarga menyatu dengan ruang tamu maka dengan melihat denah pengembangan, kita bisa menempatkan ruang keluarga ditengah. Hal ini sangat memungkinkan karena tembok ruang bergeser ke belakang sejauh 1,95 m atau hampir 2 m.

DAPUR DAN RUANG MAKAN
Dapur bergeser kebelakang begitu juga dengan ruang makan. Hal ini karena, jika kita melihat denah awal, Taman belakang masih memungkinkan untuk dipakai sebagai ruang rumah. Akan tetapi perlu diingat bahwa, jangan sampai menggunakan seluruh sisa lahan dibelakang rumah, karena sisa ruang itu atau taman belakang dipergunakan untuk mempertahankan kwalitas dan kwantitas cahaya dan penghawaan yang masuk kedalam ruang. Jadi taman juga merupakan penjaga kwalitas hidup anda.dengan mundurnya tembok sejauh 2 m, membuat dapur dan ruang makan punya area sendiri yang lebih privat. Selalin itu kita juga bisa meninggikan level ketinggian dapur dan ruang makan sedikit lebih tinggi dibanding ruang keluarga dan ruang tamu serta memberinya keramik dengan motif lain supaya interior terlihat lebih manis.

TERAS BELAKANG
Karena tembok mundur 2 m, maka sisa lahan yang hanya 1 m habis untuk taman. Tetapi teras belakang tetap ada tapi dikurangi luasannya sehingga bentuknya pun jadi lebih sederhana.

HAL-HAL LAIN
Ada beberapa hal yang perlu dicermati dengan dengan perubahan denah ini adalah perubahan atap. Maka untuk itu konsultasikan dengan pemborong sebelum merubah denah anda ini.

Nah itulah tadi mengenai artikel darikami mengenai desain arsitektur rumah type 54. semoga dapat membantu anda dan jangan ketinggalan untuk membaca informasi yang lainnya mengenai Desain Indah Pada Rumah Panggung dan Konsep Desain Hotel Mewah Modern Di Dunia


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Menambah Luasan Ruang Rumah Type 54

Posted by Mandy Bulles, Published at 10:12 AM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment