Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Desain Rumah Pada Sudut Ruangan

Rumah sudut yang berada di kalving-kalving sudut sebenarnya memiliki potensi besar untuk dikembangkan secara optimal sebagai tengeran (landmark) yang menarik dari suatu kawasan. Meskipun demikian, masih ada nada keberatan pemilik lahan kavling sudut yang sering kali menganggap dirugikan karena luas lahan teropong oleh garis sempadan bangunan (GSB). Pemerintah telah menetapkan luas kavling sudut yang terkena GSB adalah setengah lebar dari lebar jalan di depan dan samping rumah. Jadi, jika kavling sudut memiliki lebar jalan depan 10 meter dan lebar samping 6 meter, luas kavling sudut akan terpotong GSB masing-masing 5 meter untuk halaman depan dan 3 meter untuk halaman samping.



PADA RUMAH SUDUT , seluruh komponen bangunan desain rumah idaman anda memiliki potensi yang sama untuk ditampilkan sebagai desain yang menarik. Dinding ekspos batu bata, batu alam, bertekstur semen kamprot atau dicat dengan warna terang yang selektif dapat menambah aksen bangunan rumah sudut. Kejelian si arsitek untuk menempatkan menara berisi tangga ruang dalam secara tepat akan membuat rumah sudut tampil kokoh dan menonjol.

Bentuk pagar rumah sebaiknya tidak terlalu tertutup karena justru dapat menutupi keindahan arsitektur bangunan. Pagar rendah dengan ketinggian tembok maksimal 1 meter atau pagar tinggi dari jeruji atau besi tempa masih dapat leluasa meneroboskan pemandangan ke dan dari rumah.

Rumah sudut memiliki kemudahan akses pintu masuk. Bagi yang percaya feng shui, pemilik rumah biasanya lebih memilih rumah dengan pintu masuk satu arah dari depan atau samping saja karene hal itu berkaitan dengan kepercayaan akan besarnya pemasukan dan pengeluaran rezeki si penghuni rumah. Bagi yang tidak percaya, rumah tetap disediakan pintu masuk dari depan dan samping. Pintu depan untuk tamu dan pintu samping rumah biasanya l;angsung menuju ke carport.

Rumah sudut denagn taman yang luas tentu sangat selaras dengan alam karena memberikan peluang besar bagi penataan taman dan tanaman yang menyatukan seluruh ruangan dan bangunan rumah itu sendiri dengan lingkungan sekitar. Ruang dalam rumah dalam bukaan pintu, jendela, ventilasi dan skylight yang lebar kearah luar akan menyatukan suasana alami luar secara keseluruhan,.

Penyelesain lantai dan dinding yang senada ruang luar dan dalam serta bukaan jendela ayang lebar justru seolah mengundangruang luar masuk atau sebaliknyasehingga rumah terasa lega. Ketersediaan halaman depan dan samping rumah yang cukup luas dapat didesain menjadi hamparan taman luas. Keindahan taman yang selaras dengan bangunan rumah dan keteduhan pepohonan akan menambah nilai estetis dan ekologis terhadap rumah dan lingkungan sekitar. Halaman tetap dapat dimanfaatkan sebagai arena bermain anak-anak dan tempat pesta kebun keluarga, bukan sekadar untuk parkir kendaraan mobil belaka.

KEUNTUNGAN RUMAH SUDUT

-TAMBAHAN LAHAN
Di lingkungan perumahan atau cluster, ukuran rumah-rumah tinggal pada setiap blok sama besarnya. Termasuk rumah tinggal yang ada hoek. Tapi rumah di hoek berada di atas tanah yang lebih luas.

-MEMILIKI DUA MUKA
Kekayaan penampilan rumah. Istilah kekayaan di sini tak lantas berarti mewah. Maksudnya lebih kepada kemungkinan menjadikan rumah tinggal dengan dua fasade. Oleh karenanya, disain fasad pun bisa dibuat amat dinamis dan variatif namun tetap mengalir. Termasuk kalau mau desain rumah minimalis. Bahkan dengan bahan yang sederhana sekalipun. Dua fasad umumnya juga berarti dua pintu masuk rumah

-SIRKULASI LANCAR
Dari segi fungsi, dua fasade rumah erat berkait dengan urusan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang lebih optimal. Kata lainnya, keistimewaan yang dimiliki rumah di hoek sebaiknya diikuti pula dengan membuat banyak bukaan. Baik pintu lipat, jendela ataupun jaluzi.

Nah itulah tadi mengenai tips tentang desain interior rumah yang dapat kami sampaikan kepada anda. Tentunya apabila anda ingin informasi yang lainnya anda juga dapat membaca mengenai Tips Membentuk Rumah Kecil Yang Sehat dan Desain Interior Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA)


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Desain Rumah Pada Sudut Ruangan

Posted by Mandy Bulles, Published at 10:21 AM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment